Monday, October 14, 2013

Era Teknologi Pendidikan

Teknologi Pendidikan

Tahun 1992-an saya diberi kesempatan untuk belajar tentang Teknologi Pendidikan. Dua informasi yang bisa didapat :

Teknologi dari pendidikan dan Teknologi dalam pendidikan. Dua kata pembeda dalam kalimat tersebut dari dan dalam, perbedaan sederhana yang memiliki makna yang sangat luas.

Teknologi dari pendidikan, menjelaskan bagaimana ilmu pendidikan digunakan dalam memecahkan masalah yang ada dan tidak terbatas pada permasalahan pendidikan. Sejak awal saya masih yakin bahwa seorang lulusan ilmu pendidikan dapat berkontribusi di dunia selain pendidikan sepanjang menghikmahi ilmu pendidikan dalam pekerjaan.

Teknologi dalam pendidikan, lebih kepada bagaimana teknologi diterapkan dalam pendidikan sehingga dapat meningkatkan efektifitas belajar mengajar. Tahun 90 an banyak dikembangkan sistem belajar melalui komputer atau biasa disebut Computer Based Training dan saya bercita cita untuk mengembangkan virtual based training meski masih dalam cita cita hingga saat ini.

Berkembangnya teknologi social media saat ini mendorong teknologi dalam pendidikan berubah menjadi social network learner. Suatu kekuatan sharing dari social media yang dapat meningkatkan efektifitas belajar.

WELCOME EDUCATIONAL TECHNOLOGY

Educators as Social Networked Learners http://www.slideshare.net/jgerst1111/social-networked-learner

No comments:

Post a Comment